oleh

PMI Belitung Salurkan 3.827 Kantong Darah Selama 2021

PMI Belitung Salurkan 3.827 Kantong Darah Selama 2021

BELITUNG | PMI Belitung menyalurkan 3.827 kantong darah selama Tahun 2021. Hasil tersebut berdasarkan rekapitulasi pemakaian darah di Kabupaten Belitung.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PMI Belitung Kasimin mengatakan dari  3.827 kantong darah tersebut terdiri dari berbagai jenis pemakaian yakni Whole Blood (darah lengkap), Packed Red Cell (sel darah merah), dan Thrombocyte Concentrate (TC).

“Alhamdulillah di Kabupaten Belitung kantong darah terpenuhi di tahun 2021 ini,” Kasimin kepada OneKlikNews.com, Minggu (9/1/2022).

Penggunaan kebutuhan darah ini banyak dipergunakan untuk berbagai hal seperti ruang anak, kebidanan, penyakit dalam, bedah dan lain-lainnya.

Namun lanjut Kasimin, penggunaan darah paling banyak yakni untuk penyakit dalam, yaitu sebanyak 150 kantong darah setiap bulannya.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Belitung dr. H. Suhandri, Sp.Og menyebutkan darah dari PMI Kabupaten Belitung disuplay ke berbagai rumah sakit di Kabupaten Belitung seperti RSUD Marsidi Judono, RS Almah, RS Utama dan Bakti Timah.

“Yang paling banyak memerlukan darah setiap bulannya yaitu RSUD Marsidi Judono, rata-rata 200 kantong perbulannya,” beber Ketua PMI Kabupaten Belitung.

dr. H. Suhandri menambahkan bahwa pada tahun 2021 kendala pengumpulan darah masih sama seperti tahun 2020, yakni masalah pandemi Covid-19 dan berkurangnya pendonor tetap di Markas PMI Belitung.

“Kendala saat ini yaitu tidak sebandingnya antara jumlah pemakai yang tinggi dengan jumlah pendonor yang berkurang, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung (internal), kedepannya kita (PMI) akan memperbanyak kerjasama untuk kegiatan mobile donor darah,” tukasnya.

Sumber: Onekliknews.com

Share :

News Feed