Media Belitung

BELITUNG, www.ngulakngalik.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan jajaran Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung menerbitkan 318 paspor sepanjang Tahun 2021.

Dari 318 paspor itu, 109 merupakan penerbitan paspor baru, 206 penggantian habis berlaku, dan tiga paspor lainnya merupakan penggantian hilang habis berlaku.

Angka tersebut mengalami penurunan siginifikan sekitar 72,2 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 1141 paspor.

“Kondisi ini karena penutupan penerbangan internasional di Bandara H AS Hanandjoeddin akibat pandemi Covid-19. Ditambah tahun ini juga tidak ada penerbitan permohonan paspor calon jemaah haji,” kata kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan jajaran Kanwil Menkumham Bangka Belitung Suyatno kepada www.ngulakngalik.com, Kamis (30/12/2021).

Kata Suyatno, meski jumlah pemohon menurun pihaknya tetap melaksanakan pelayanan paspor jemput bola melalui kegiatan Eazy Passport.

Ia menjelaskan, Eazy Passport merupakan program dari Direktorat Jenderal Imigrasi guna memberikan kemudahan. Sehingga pemohon tidak perlu mendaftar online dan datang ke kantor hingga paspor selesai akan langsung dikirim.

“Sepanjang tahun ini, layanan Eazy Passport sudah kami laksanakan sebanyak lima kali di perkantoran atau kawasan perumahan masyarakat. Kami juga melakukan pelayanan pengurusan paspor simpatik yang dilaksanakan saat peringatan Hari Dharma Karyadhika Kemenkumham,” ujar Suyatno.

Ia juga menambahkan, total ada 149 dokumen layanan penerbitan dan pengurusan izin tinggal sepanjang tahun 2021. Dokumen tersebut meliputi perpanjangan izin tinggal kunjungan (ITK), alih status ITK ke Izin Tinggal Terbatas (ITAS), penerbitan ITAS baru, perpanjangan Izin Tinggal Tetap (ITAP) hingga pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda.

“Kami juga melakukan clearance tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) laut bagi kru kapal sebanyak 1.996 baik di wilayah Pelabuhan Tanjungpandan maupun Pelabuhan Tanjung Keluang,” sebut Suyatno.(dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media www.ngulakngalik.com dengan join ke Grup Telegram “www.ngulakngalik.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/ngulakngalik, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Editor: Faizal

, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.