Media Belitung

BELITUNG, www.ngulakngalik.com – 169 orang calon jemaah haji Kabupaten Belitung sampai saat ini masih menunggu regulasi terbaru dari pemerintah Arab Saudi tentang jadwal keberangkatan Haji.

Padahal, sebelumnya 169 orang calon jemaah haji tersebut dijadwalkan berangkat pada tahun 2020 lalu.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Suyanto mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah maupun provinsi telah melakukan persiapan mitigasi tentang keberangkatan calon jemaah haji dengan alokasi secara bertahap mulai 10, 20, 50 hingga 100 persen.

Namun, hingga saat ini masih menunggu regulasi terbaru dari pemerintah Arab Saudi seperti karantina, protokol kesehatan, serta vaksin harus astrazaneca atau moderna. Sedangkan para calon jemaah indonesia, khususnya Kabupaten Belitung banyak menggunakan vaksin jenis Sinovac.

“Intinya kami masih menunggu regulasi terbaru dari pemerintah Arab Saudi. Mudah-mudahan tidak lama, sehingga calon jemaah haji bisa berangkat. Kan kasihan sudah lama menunggu, belum lagi faktor usia yang kebanyakan sudah tua,” kata Suyanto kepada www.ngulakngalik.com, Selasa (28/12/2021).

Menurutnya, keberangkatan calon jemaah ini sangat erat kaitannya dengan keberangkatan calon jemaah umroh. Sebab umroh merupakan pintu masuk untuk keberangkatan calon jemaah haji.

Namun, diakuinya calon jemaah umroh Kabupaten Belitung hingga saat ini belum ada yang berangkat. Pasalnya regulasi terbaru tentang keberangkatan umroh dari Pemerintah Arab Saudi juga belum ada, hal ini lantaran adanya kemunculan virus Omicron.

Padahal semua persiapan calon jemaah umroh Kabupaten Belitung mulai dari kwitansi pembayaran, persyaratan, serta manasik haji dan umroh sudah dipersiapkan.

“Intinya kembali lagi masih menunggu, jadwal haji maupun umroh hingga saat belum tahu kapan berangkat. Insyallah, mudah-mudahan awal Januari ini ada keberangkatan umroh, sehingga pintu masuk untuk keberangkatan haji juga terbuka,” tutur Suyanto.(dit)


Kuy, kepoin berita update lainnya dari media www.ngulakngalik.com dengan join ke Grup Telegram “www.ngulakngalik.com Update”. Klik link ini jika ingin bergabung https://t.me/ngulakngalik, Eeits tapi sebelumnya pastikan ponsel kamu sudah ada Aplikasi Telegram yaa.

Editor: Faizal

, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.