BELITUNG, NGULAKNGALIK.COM | Kabar gembira bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pemilik kendaraan bisa mendapatkan pemutihan denda bagi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama hingga akhir 2021.

Pemutihan denda tersebut merupakan Program Relaksasi Pajak Daerah dalam rangka menyambut HUT ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini diatur dalam Pergub No 49 Tahun 2021.

Program Relaksasi Pajak Daerah ini akan dilaksanakan mulai hari ini, Jumat (1/10/2021) hingga 30 Desember mendatang. Sehingga masyarakat yang mengurus pajak dan balik nama bisa mendapatkan gratis pembayaran denda.

Baca Juga : Jalani Sidang Perdana, Mantan Kades dan Bendahara Air Saga Didakwa Pasal Berlapis

Baca Juga : Ini 5 Tips Sederhana Pemulihan Mata Minus

Kepala UPT Samsat Kabupaten Belitung Alexander Ikhsan mengatakan, bahwa program ini lahir dari penyerapan aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh Gubernur Babel.

“Ketika kemarin waktu pandemi banyak masyarakat tidak mau dan tidak mampu dalam kondisi ekonomi untuk membayar pajak, maka Oktober ini kita melakukan program pemutihan ini,” ucap Alexander kepada OneKlikNews.com, Kamis (30/9/2021).

Alexander berharap dengan dimulainya pemutihan hari ini bisa menambah antusiasme masyarakat membayar pajak meningkat dan tidak menunda-nunda untuk melakukan pembayaran.

“Tolong dilaksanakan jangan sampai menunda-nunda lagi, karena takutnya waktu 3 bulan ini akan lewat lagi,” ujar Alexander.

Kasi Penetapan Pembukuan dan Pelaporan Samsat Kabupaten Belitung Nataliyadi mengatakan, bahwa yang dibebaskan dalam pemutihan ini adalah denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama, dan sanksi administrasi Bea Balik Nama.

“Yang dihitung tahun berjalan dan tahun yang sudah lewat, bayar pokok saja denda dihapuskan, maksimal 6 tahun untuk PKB,” ujar Nataliyadi.

Baca Juga : Tips Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet, Nomor 1 dan 6 Banyak diminati

Syarat-syarat dalam pembayaran pajak pemutihan ini sama seperti pembayaran pajak biasa, yaitu membawa KTP asli dan STNK asli untuk pembayaran pajak tahunan, untuk penggantian STNK 5 tahun sekali membawa BPKB asli, STNK asli, KTP asli, dan cek fisik kendaraan.

Sedangkan untuk balik nama BPKB, STNK, KTP yang bersangkutan, kwitansi materai 10.000, dan cek fisik. Untuk pelayanan pemutihan ini tidak hanya di kantor samsat saja, namun di gerai-gerai samsat yang lainnya seperti Setempoh, Samling, dan Mempelam. (***)

Artikel ini telah tayang di OneKlikNews.com dengan judul Pemutihan Denda Pajak Kendaraan dan Balik Nama Hingga Akhir Tahun

, , , , , , , , ,