YouTube anak muda mana yang tidak mengenal aplikasi ini. Ya, saat ini YouTube tidak lagi menjadi platform video, dimana orang mencari video hanya untuk hiburan semata. Namun tidak sedikit orang zaman sekarang ini mencoba peruntungan mereka dengan membuat bahkan menjadi content creator untuk mereka mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Sehingga kata YouTubers yakni sebutan untuk pembuat konten video YouTube ini sudah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan dimasa sekarang ini. Bahkan sekarang anak sekolah pun banyak juga yang bercita-cita jadi YouTuber.

Dengan membuat konten video yang menarik dan mengunggahnya di kanal YouTube, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Ini termasuk salah satu bisnis online tanpa modal besar. Kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan besar, meskipun hanya bermodal kamera smartphone dan koneksi internet. Semakin banyak yang tertarik dengan video kamu, kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin besar.

Lanjut, cara mendapatkan uang dari YouTube cukup beragam. Namun ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi. Nah untuk mewujudkan atau memaksimalkan kamu dalam berkarya, kuy intip bagaimana cara mendapatkan uang dari menjadi YouTuber untuk pemula berikut ini !

1. Buat Akun YouTube yang Mudah diingat Orang

Nah, langkah pertama ini mungkin terdengar sangat sepele. Namun sebelum kamu melakukan apapun untuk mendapatkan uang melalui YouTube tentunya kamu harus memiliki akun YouTube. So langkah ini adalah langkah yang wajib kamu lakukan.

Walaupun saat membuat akun YouTube ini, kamu bisa menggunakan nama apapun sesuai keinginan kamu. Namun akan sangat baik jika kamu pikirkan terlebih dahulu yang tentunya akan banyak orang cari karena menarik maupun mudah diingat.

Kemudian, jika ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah dari akun YouTube kamu, selanjutnya kamu perlu mengaktifkan fitur monetisasi. Namun tentunya fitur ini akan bisa diaktifkan jika kamu sudah layak dimata YouTube. Nah, jika sudah berhasil di monetisasi, pastikan juga kamu sudah membuat akun Google Adsense, jika belum memilikinya segeralah kamu buat dahulu sebelum lanjut ke cara berikutnya. Kenapa Google Adsense juga perlu ? Karena seluruh pendapatan yang kamu dapatkan dari YouTube, saldonya akan dilihat dan diberikan melalui Google Adsense.

2. Pilihlah Kategori Sukses di YouTube yang kamu Inginkan

Nah, pada tahapan kedua ini memang tidak terlalu penting, namun jika kamu ingin menjadi YouTuber sukses dan terkenal dengan penghasilan yang melimpah. Kamu harus menentukan dari awal kategori sukses kamu terlebih dahulu.

Jalur sukses pertama yakni, dengan memperbanyak jumlah pelanggan atau subscriber. Jalur ini kamu harus berusaha untuk membuat konten yang sangat menarik, sehingga para pengguna Youtube menekan tombol subscribe di kanal kamu.

Kemudian kedua, cobalah membuat konten yang bisa membuat orang menekan tombol like serta berkomentar bahkan membagikan video kamu. Kategori ini berhubungan dengan penghasilan yang akan didapatkan sebagai seorang YouTuber profesional. Tentu saja jumlah penghasilan setiap YouTuber akan berbeda-beda, tergantung pada kualitas video, jumlah penonton atau viewers, dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya.

3. Tentukan Tema Konten

Yups, jika sudah melakukan langkah pertama dan kedua, kamu juga sangat perlu menerapkan langkah yang ketiga ini jika kamu ingin terkenal dikalangan pengguna YouTube.

Ada begitu banyak tema konten yang bisa kamu terapkan tergantung kemampuanmu. Misalnya konten traveling, fashion, makanan, game ataupun konten kehidupan kamu sehari-hari. Namun ingat harus sesuai dengan kemampuanmu juga, jangan terlalu memaksakan hal yang tidak bisa kamu lakukan atau yang tidak wajar hanya ingin sekedar viral sesaat.

Bahkan, jika kamu membuat video dengan kemampuanmu dan hal yang kamu suka atau kamu kuasai maka pembuatan video kamu akan lebih mudah dan menyenangkan. Mengisi akun YouTube kamu dengan konten-konten yang menarik tentunya akan membuat banyak orang sering mengunjungi video kamu secara berulang-ulang.

4. Buat Target Kerja

Semua pekerjaan sangatlah perlu langkah ini, dan untuk meningkatkan perkembangan kalan YouTube kamu, tidak ada salahnya kamu juga harus membuat target yang harus kamu capai baik itu dari target jangka pendek ataupun jangka panjang. Misalnya, kamu menargetkan dalam minggu depan kamu harus mendapatkan 100 atau lebih subscribe baru.

Baca Juga : Tips Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet 

5. Siapkan Peralatan Tempur

Tidak mungkin kamu sebagai pekerja kuli bangunan tidak ada sekop, cangkul, dan sendok semen, ya begitulah kira-kira perumpamaan untuk langkah ini. Namun, banyak yang beranggapan bahwa menjadi YouTuber kamu memerlukan peralatan yang canggih dan mahal.

Namun hal itu sebenarnya tidak terlalu perlu, kamu cukup menggunakan peralatan yang sederhana seperti kamera Handphone. Dan penggunaan aplikasi pengeditan video gratis juga bisa koq di Google Play Store.

Bahkan ada banyak YouTuber terkenal dan sukses dengan hanya mengandalkan alat-alat sederhana. Dan jika memang kamu sudah mapan dari penghasilan kamu dari YouTube barulah kamu bisa sedikit-sedikit membeli peralatan-peralatan yang sedikit canggih. Tapi ingat sesuaikan dengan kemampuan kantong kamu yah.

6. Buatlah sebuah Karakter

Nah, pada langkah ini setelah kamu menemukan dan menguasai peralatan kamu, kamu juga perlu memikirkan sebuah karakter yang disukai pengguna. Yah, misalnya dalam setiap konten, kamu harus menekankan ciri khas kamu seperti tagline kamu, gaya bicaramu, kelakuan, ataupun penampilanmu sehingga terlihat unik. Ingat, bangunlah karakter ini sesuai dengan jati diri kamu.

7. Mulai Buat Video

Jika kamu sudah mendapatkan semua dari langkah diatas, sudah saatnya kamu membuat konten video, tentunya dengan peralatan, tema atau karakter kamu yang sudah kamu tentukan diawal.

Akan lebih baik pula jika kamu membuat sebuah konten video bersama teman-teman yang sepemikiran dengan kamu. Hal itu akan lebih memudahkanmu dalam pembuatan video kamu. Selain itu, dengan banyaknya kepala, tentunya akan pula menimbulkan ide-ide kreatif lainnya untuk membuat video terlihat menarik.

8. Manfaatkan Sosial Media dan Promosi

Jika sudah usai membuat video dan menguploadnya di kanal YouTube kamu, langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan cara membagikannya di Sosial Media (Sosmed). Karena kamu haru ingat, sebagai pemula video sebagus apapun yang kamu buat, tentunya tidak akan langsung ditonton oleh banyak orang. Untuk itu sosial media seperti Facebook, Instagram, atau sosial media lainnya sangat kamu perlukan untuk promosi.

9. Konsisten Membuat Video

Mungkin semua pekerjaan yang menghasilkan uang tentunya kamu harus memiliki sifat ini. dan untuk mewujudkan mu menjadi YouTuber yang terkenal dan sukses pastinya tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun kamu haruslah konsisten menyajikan konten-konten yang menarik dan berkualitas setiap harinya.

Itulah 9 cara yang perlu kamu lakukan sebagai pemula sampai menjadi sukses. Namun dari pada itu semua, doa orang tuamu menjadi faktor yang paling penting. So, sebelum kamu mempersiapkan 9 langkah diatas ada baiknya kamu meminta doa orang tua kamu yahh gaes. Selamat mencoba, salam dari anak Belitung. . .

, , , , ,