BELITUNG TIMUR, NGULAKNGALIK.COM | Untuk meningkatkan motivasi dan semangat para pengrajin di Kabupaten Belitung Timur, Ketua dan Wakil Ketua Dekaranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Belitung Timur Purwenda Puspitasari dan Maisinun memberikan bantuan kepada Seri’i pengrajin lidi kabong dari Desa Balok Kecamatan Dendang, Selasa (28/9/2021).

Pengrajin Lidi Kabong ini menerima bantuan etalase dan kompresor sebagai sarana prasarana usahanya. Purwenda berharap dengan adanya bantuan dari Dekranasda ini dapat selain untuk memotivasi juga memacu pengrajin-pengrajin lainnya untuk melestarikan kerajinan tangan yang bahan bakunya bayak terdapat di daerah setempat.

“Dari yang Bapak Seri’i katakan tadi, banyak kendala yang beliau hadapi seperti pencarian dan pengolahan bahan baku yang cukup lama, begitu juga masalah sumberdaya manusia yang bisa membantu beliau dalam bekerja,” ujar Ketua Dekranasda yang juga berprofesi sebagai guru ini.

“Masalah sumber daya manusia sebenarnya sudah pernah dilaksanakan pelatihan sebelumnya yakni pelatihan Lidi Nipah, tidak jauh berbeda, mereka bisa mengkreasikannya ke Lidi kabong,” tambahnya.

Perempuan yang biasa disapa Wenda ini mengatakan Bapak Seri’i bisa mengkreasikan lidi kabong dengan membuat berbagai macam kerajinan seperti piring, tempat sendok, keranjang buah, tudung saji mini, tempat lampu hias walaupun belajar secara otodidak.

“Kita akan mencari pengrajin lain yang dapat menurunkan kemampuan Pak Seri’i, kita juga akan membantu Pak Seri’i dalam hal pemasarannya, namun kita minta kerjasama dari pemerintah desa ke kecamatan kemudian ke kabupaten yang menjadi tugas Dekranasda untuk memamerkan produk-produk ini di Galeri Dekranasda,” kata Wenda.

Wenda juga mengatakan bahwa pemasaran produk-produk para pengrajin di Belitung Timur menjadi pekerjaan rumah bagi Dekranasda, dan harapan kedepannya usaha kerajinan seperti Bapak Seri’i ini akan menjadi besar.

, , , , , , ,