BELITUNG TIMUR, NGULAKNGALIK.COM | Atlet Senam Belitung Timur Andini Oktaviani (18) akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Oktober 2021 Mendatang. Sebelum berangkat, Andini mohon doa dan pamit kepada Bupati Burhanudin dan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar.

Tak sendiri, Andini menghadap Bupati dan Wakil bersama sang Pelatih, Rahayu Marisa yang juga akan ikut mendampinginya selama bertanding di PON. Selain itu, Ketua Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PERSANI) Beltim Suhardianto dan Kepala Bidang Prestasi PERSANI Beltim Syamsul Hairun juga turut mendampingi di Ruang Kerja Bupati Beltim, Kamis (23/9/21).

Kepada Diskominfo Beltim, Andini menuturkan PON XX Papua merupakan pengalaman pertama baginya tanding di level kejuaraan nasional. Kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri dirasakan Andini bisa ikut dalam PON.

“Pengalaman pertama ini. Rasanya bahagia bersyukur, buah kerja keras dan latihan selama ini bisa mencapai PON,” ungkap Andini.

Warga Desa Gantung Kecamatan Gantung ini optimis dirinya akan mampu memberikan yang terbaik bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Beltim. Bahkan selama satu tahun belakangan dia terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya.

“Insyallah harus optimis, dak ada yang dak mungkin. Kalau latihan senam sudah sejak kecil. Kalau untuk PON, satu tahun ini terus persiapannya,” beber Andini.

Selain persiapan latihan, peraih beasiswa dari STKIP Pasundan ini juga menyatakan sudah mempersiapkan perlengkapan untuk dibawa ke Papua, termasuk semua kostum serta alat untuk tanding untuk keberangkatan pada 3 Oktober 2021 mendatang.

“Alhamdulillah baju-baju sama alat-alatnya sudah datang semua. Tadi sempat kemas-kemas untuk nanti dibawa ke Papua,” ujar Andini.

Andini akan turun di nomor 4 alat, pita, simpai gada dan bola dalam PON XX 2021 mendatang.

Mohon Dukungan dan Doa Restu

Sementara itu, Pelatih Andini, Rahayu Marisa mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, KONI Beltim hingga PERSANI Beltim yang sudah memberikan dukungan moral dan materi kepada mereka berdua.

“Kita berdua mau ngucapkan terima kasih atas dukungan dari KONI Beltim, PERSANI, Pemkab Beltim terutama Bupati dan Wakil yang membuat kami termotivasi untuk ikut dalam PON ini. Tadi sempat dikasih uang saku juga dari beliau,” ucap Ayu.

Selenjutnya guru SMA Negeri 1 Manggar itu juga meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Beltim agar perjuangan mereka untuk mengharumkan nama daerah dapat memperoleh hasil maksimal.

“Minta doa dan dukungannya yang pasti. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik selama di Papua ini,” harap Ayu.

Terpisah, Ketua Pengurus Cabang PERSANI Beltim Suhardianto mengungkapkan rasa bangga, bahagia yang tak terhingga bahwa salah satu atlet senamnya bisa mengikuti PON XX Papua.

“Ini prestasi yang luar biasa bagi saya selaku pengurus Persani Belitung Timur saat ini. Kasta tertinggi gapaian atlet daerah kabupaten tentunya dapat berlaga dan menjadi bagian atlet provinsi ke ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) Papua 2021,” kata Gito, sapaan akrab Suhardianto.

PERSANI sendiri, kata Gito memberikan apresiasi untuk atlet dan pelatih berupa bantuan uang saku, baju jaket dan training. Hal ini juga menjadi motivasi tersendiri baginya dalam mengapresiasi, menghargai, memotivasi, atlet dan pelatih dalam mengikuti even-even kegiatan-kegiatan baik daerah, nasional maupun internasional.

“Hal ini merupakan asupan energi baru, gedoran semangat yang luar biasa tentunya bagi atlet dan pelatih dalam meraih prestasi. Insyaallah untuk keberangkatan 3 Oktober 2021 nanti, kami pengurus pun akan mengantar dan menjemput atlet kami di bandara Tanjungpandan nanti,” ujar Gito.

Dia pun berpesan agar atlet dan pelatih senam yang ikut ke PON lancar dalam perjalanan menuju Papua, selalu diberikan perlindungan, keselamatan dan tentunya dapat membawa pulang Medali.

“Tak lupa support yang luar biasa dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati Beltim, semoga dukungan yang diberikan kepada atlet dan pelatih senam Beltim dapat membuahkan hasil yang gemilang dan dapat membawa prestasi yang luarbiasa,” tutup Gito.

, , , , , ,