Pulau Lengkuas *IST

www.NgulakNgalik.com | Belum afdal jika kalian berwisata ke Belitung tanpa mengunjungi pulau yang satu ini, ya Pulau Lengkuas nama kerennya. Pulau ini adalah salah sebuah pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Di Pulau ini terdapat sebuah mercusuar tua yang menjadi daya tarinya, dimana mercusuar ini memiliki 18 lantai yang tingginya sekitar 50 meter ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 silam yang tentunya sarat akan sejarah. Pada zaman sekarang ini, mercusuar tersebut masih berfungsi yakni sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

*Lokasi

Untuk datang ke Pulau Lengkuas ini, kamu harus pergi ke Pantai Tanjung Kelayang terlebih dahulu dengan jarak 27,8Km dari pusat Kota Tanjungpandan,

Kemudian jika sudah sampai di Tanjung Kelayang, kamu akan menemukan barisan perahu wisatawan berjejer sepanjang pantai yang siap mengantarkan kamu ke Pulau Lengkuas ini. Setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit dari Pantai Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas ini.

*Tarif Sewa Perahu Wisatawan

Nah, untuk tarif ini per sekali pulang pergi ke Pulau Lengkuas ini cukup bervariasi yakni berkisar mulai dari Rp 450ribu hingga Rp 1jta. Hal itu tergantung seberapa banyak rombonganmu dan juga banyaknya pulau yang kamu singgahi selama perjalananmu.

*Yang Kamu Temukan di Pulau Lengkuas

Selain mercusuar yang begitu bersejarah, di Pulau Lengkuas ini kamu akan menemukan bebatuan granit, pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Sehingga di Pulau ini bagi kamu yang hobi snorkeling sangat recomended banget.

Do & Don’t

Untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, pengunjung disarankan untuk membawa persediaan air minum dan membawa pulang kembali sampah yang dihasilkan selama di pulau, untuk dibuang di tempat sampah di daratan Pulau Belitung

Selain itu, untuk aktivitas islands hopping ada baiknya berombongan. Dan bagi kamu yang gemar berfoto, jangan lupa kamera dalam kondisi prima ya, karena begitu banyak spot foto dan angle yang menarik. Jangan memegang bintang laut dan jangan pernah mencoret-coret bebatuan granit.

Bagaimana cocok dengan imajinasi liburan anda bukan ? Jika berminat liburan ke Belitung anda bisa mengakses di website www.belitungcitytour.com . Di sana terdapat paket-paket tour yang tentunya sesuai dengan kantong anda.

, , , , , , , ,