www.NgulakNgalik.com |Pantai-pantai di Belitung dikenal dengan keindahan hamparan formasi bebatuan granit raksasa yang begitu mempesona.

Formasi bebatuan granit raksasa ini bisa dibilang hanya sedikit di Indonesia yang tentunya mempunyai pemandangan seeksotis seperti yang ada di Pantai Belitung.

Menurut beberapa peneliti, usia bebatuan granit itu diperkirakan sekitar 65 – 200 juta tahun lalu. Salah satu pantai di Belitung yang miliki formasi bebatuan granit yakni Pantai Tanjung Kelayang.

• Arti dari Nama Pantai Tanjung Kelayang

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, bebatuan disana banyak dipercaya memiliki kekuatan mistis. Nama “Tanjung” artinya semenanjung sedangkan “Kelayang” merupakan sebuah nama yang diambil dari salah satu jenis burung dikabarkan banyak terdapat di pantai ini.

• Lokasi

Pantai ini berlokasi di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk yang berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan. Letak Pantai Tanjung Kelayang ini tidak terlalu jauh dengan pantai Tanjung Tinggi.

Kalau dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Yakni anda akan melewati Jalan Jendral Sudirman-Jalan Sijuk, nah dari sini akan tembus ke Jalan Tanjung Kelayang. Sedangkan jika anda berangkat dari pusat Kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Kelayang ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30-45 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat melalui lewat Jalan Tanjung Kelayang.

Selain airnya yang jernih, kita juga akan ditemani ikan yang berwarna-warni. Akses ke Pantai Tanjung Kelayang relatif sangat mudah. Selain jaraknya yang hanya sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan, jalannya juga sudah mulus.

Yang berasal dari luar Belitung, bisa menyewa mobil atau kendaraan umum lain dari dari Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bus gratis yang disediakan oleh Pemerintah Daerah yang melayani rute Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang.

Perlu diingat, di Belitung anda tidak akan pernah merasakan macet. Hal itu tentunya sangat anda nantikan untuk penghilang stress anda dikehidupan anda di kota besar seperti Jakarta.

Uniknya di Pantai ini terlihat dari sebelah baratnya terdapat batu-baru granit, sedangkan di sebelah timurnya terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas yang sangat indah dipandang.

Dari pantai ini terdapat puluhan formasi batu granit, di sebelah baratnya yang paling unik adalah batu granit raksasa yang berbentuk Burung Garuda. Batu Burung Garuda ini terletak sekitar 10 menit dari pesisir Pantai Tanjung Kelayang jika menggunakan perahu.

Sayangnya, di Batu Garuda yang bisa dikatakan sudah seperti pulau ini, wisatawan tidak bisa bersandar di pulau ini dan hanya bisa menikmati keindahannya dari atas perahu saja.

Alasannya tidak bisa bersandar tersebut lantaran ditakutkan bisa merusak kealamian dari ekosistemnya jika ada perahu yang bersandar.

*Fasilitas

Salah satu fasilitas unggulan di Pantai Tanjung Kelayang adalah Island Hopping. Ini adalah kegiatan jelajah pulau yang diawali dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang dan dilanjutkan ke pantai-pantai di sekitarnya: Pulau Garuda, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, dan Pulau Berlayar. Tiap-tiap pulau tentu mempunyai keunikannya masing-masing.

Untuk menikmati keindahan pulau-pulau itu, kita cukup mengalokasikan uang mulai dari Rp450 ribu hingga Rp 700 ribu per satu perahu yang bisa diisi 10 – 12 orang, harga tersebut biasanya bisa saja naik jika saat hari besar.

Pulau Garuda

Pulau ini merupakan susunan bebatuan yang terlihat sangat mirip dengan Burung Garuda. Lokasinya erletak sekitar 10 menit dari pesisir Pantai Tanjung Kelayang jika menggunakan perahu.

Pulau Pasir

Rute selanjutnya adalah Pulau Pasir, sebuah daratan hanya terdiri atas pasir halus yang seolah menyembul dari dasar lautan. Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah ketika pagi hingga siang hari, ketika air laut sedang surut. Semakin sore, pulau ini akan semakin lenyap seiring dengan naiknya permukaan air laut. Yang membuatnya spesial adalah banyaknya bintang laut di sekitar pulau ini. Tapi ingat ya, jangan pernah memegang dan mengangkatnya, karena itu akan membahayakan nyawa binatang dengan bentuk khas ini.

“Pulau Lengkuas

Selanjutnya kita akan dibawah ke Pulau Lengkuas, yang menjadi salah satu destinasi wajib saat mengunjungi Pulau Belitung.

Di pulau ini kita akan bertemu dengan mercusuar yang masih aktif hingga sekarang. Selain mercusuar yang terlihat gagah, kita juga bisa menikmati batuan granit yang seolah berserakan di mana-mana. Di tengah-tengahnya ada titik yang disebut sebagai “Telaga Bidadari”, yang merupakan kolam alami yang baru akan terisi ketika laut pasang.

“Pulau Kepayang

Banyak yang bilang, Pulau Kepayang cocok buat beristirahat sejenak dari aktivitas island hopping. Di pulau ini kita bisa menikmati beragam menu makanan laut yang dijamin akan menggoyang lidah kita. Di pulau ini, lagi-lagi kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang instagramable.

“Pulau Berlayar

Rute terakhir adalah Pulau Berlayar. Selain luasnya yang tidak seberapa bila dibandingkan pulau-pulau di sekitarnya, batu-batuan granit di pulau ini juga tak terlalu besar.

Meski begitu, bukan berarti batuan granit di sini tak kalah indahnya dengan batuan granit yang pulau yang lain. Kenapa disebut Pulau Berlayar karena salah satu batunya ada yang menyerupai layar sebuah kapal yang sedang berkembang jika dilihat dari kejauhan.

Selain jelajah pulau, kita juga disuguhi spot snorkeling yang sangat indah, persisnya di Pulau Lengkuas. Kabarnya, spot snorkeling di sini tak kalah indah dengan yang ada di Wakatobi. Jika ingin mendapatkan spot terbaik di sini, cobalah sisi kanan Pulau Lengkuas.

Do & Don’t !

1. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari

2. Untuk aktivitas islands hopping ada baiknya berombongan

3. Bagi yang gemar berfoto, jangan lupa kamera dalam kondisi prima

4. Jangan memegang bintang laut dan jangan mencoret-coret bebatuan granit yang menjadi ikon pantai

5. Jangan pernah membuang sampah di laut jika kamu tidak ingin dimarahi si pemilik perahu.

Bagaimana cocok dengan imajinasi liburan anda bukan ? Jika berminat liburan ke Belitung anda bisa mengakses di website www.belitungcitytour.com . Di sana terdapat paket-paket tour yang tentunya sesuai dengan kantong anda.