Berego Belitung (foto : Ist)

www.NgulakNgalik.com | Sudah selesai berjelajah di Pulau Belitung dengan keindahan wisatanya. Melancong ke Belitung tidak akan lengkap rasanya, jika kamu tidak mencicipi ragam kuliner khasnya daerah ini.

Nah kali ini kita akan membahas berbagai jenis makanan khas Belitung secara singkat.

1. Gangan

Gangan Ikan Belitung (Foto : IST)
Gangan Ikan Belitung (Foto : IST)

Gangan merupakan makanan khas Belitung berwarna kuning karena penggunaan kunyit pada bumbunya. Gangan sendiri ada dua jenis yakni Gangan Ikan (laut) dan Gangan Darat.

Gangan ikan dan Gangan Darat sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda penggunaan rempah-rempahnya, hanya saja penggunaan bahan utamanya saja yang berbeda. Biasanya Gangan Ikan terdiri dari tangkapan hasil laut. Sedangkan Gangan Darat ini biasanya untuk penggunaan daging sapi/kambing ataupun ayam maupun jenis ikan yang hidup di air tawar.

Makanan dengan cita rasa asam, pedas, dan gurih ini sangat cocok disantap di siang hari atau pun malam hari dengan seporsi nasi putih hangat.

2. Mie Belitung

Mie Belitung (Foto : Ist)
Mie Belitung (Foto : Ist)

Selain Gangan, salah satu kuliner wajib saat anda berada di Belitung adalah Mie Belitung. Berbeda dari mie ayam atau mie bakso pada umumnya yang anda temukan di Pulau Jawa, Mie Belitung merupakan perpaduan dari mie kuning yang disiram kuah kaldu udang dengan rempah-rempah khasnya. Lebih cocok juga jika ditambah dengan taburan irisan timun, potongan kentang rebus, tahu, udang rebus, emping melinjo, serta taoge.

Sama seperti Mie pada umumnya, Mie Belitung harus segera dimakan selagi masih panas ya gaes.

3. Berego

Berego Belitung (foto : Ist)
Berego Belitung (foto : Ist)

Mirip dengan sajian lontong kuah santan, berego memiliki keunikan tersendiri. Hidangan khas Belitung satu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu, lalu dicetak, dipotong-potong dan disajikan dengan ikan yang dihaluskan bersama kuah santan gurih.

Berego memiliki tekstur kenyal. Rasa khas dari Berego yakni gurihnya santan yang berpadu potongan ikan menjadi kenikmatan sendiri bagi penikmatnya.

4. Suto Belitung

Suto Belitung (foto : Ist)
Suto Belitung (foto : Ist)

Suto Belitung atau Soto Belitung adalah kuliner yang juga wajib anda coba selama anda di Belitung ini gaes.

Suto Belitung memiliki cita rasa gurih dan segar, soto yang satu ini terbuat dari campuran air rebusan iga sapi/ayam/kambing, santan, bihun, kentang, irisan lontong, melinjo, bawang goreng, dan air perasan jeruk nipis.

Pastinya, masih banyak lagi makanan ataupun jajanan khas dari Pulau yang mendapat julukan Negeri Laskar Pelangi ini gaes. Misalnya, kue ungul-ungul, pumpuk menggale, bingke dan lainnya.

Bagaimana cocok dengan imajinasi liburan kuliner anda bukan ? Jika berminat liburan dan cicipi kuliner Belitung anda bisa mengakses di website www.belitungcitytour.com . Di sana terdapat paket-paket tour yang tentunya sesuai dengan kantong anda.

Kuy ke Belitung. . .

, , , , , , , ,