Pantai Tanjung Tinggi

www.NgulakNgalik.com | Berkunjung ke Tanah Laskar Pelangi, anda wajib berjelajah ke Pantai Tanjung Tinggi. Selain memiliki air laut biru berwarna biru, pantai eksotis yang terkenal lewat syuting film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini juga memiliki pemandangan formasi bebatuan granit yang tersusun sepanjang pantai.

Nah sebelum anda berkunjung ke Belitung dan mengunjungi pantai yang fenomenal ini, anda sebaiknya mengetahui sedikit tentang keindahan apa saja yang berada di sana ? Menjawab hal itu, berikut rangkuman singkat Pantai Tanjung Tinggi, Belitung yang dirangkum NgulakNgalik.com.

• Arti dari Nama Pantai Tanjung Tinggi

Nama Pantai Tanjung Tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung atau tinggi. Dapat diartikan pula dengan pantai yang memiliki formasi bebatuan granit yang tinggi. Pantai ini memiliki area luas sekitar 80 hektar, memiliki pasir putih, dikelilingi ratusan batu granit yang sangat besar dan kecil.

• Lokasi

Letak Pantai Tanjung Tinggi ini tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Tanjungpandan. Jika menggunakan kendaraan roda empat, Pantai Tanjung Tinggi bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30-45 menit lewat Jalan Tanjung Kelayang.

Sedangkan kalau dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Yakni anda akan melewati Jalan Jendral Sudirman-Jalan Sijuk, nah dari sini akan tembus ke Jalan Tanjung Kelayang.

Dengan rute ini memang lebih panjang dari rute lain, namun anda bisa istirahat sejenak di Danau Kaolin Desa Aik Rayak ataupun di Saung 99 Desa Selumar. Semua fasilitas di sana itu tentu diperlukan untuk membeli persediaan perut anda.

Dan Perlu anda ingat, di Belitung tidak pernah terjadi macet, hal itu tentunya sangat anda nantikan untuk penghilang stress anda dikehidupan anda di kota besar.

• Memiliki Air Laut Berwarna Biru Muda dan Berpasir Putih

Dari mulai perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Tinggi ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah. Dimana, sepanjang perjalan anda akan melihat air laut jernih berwarna biru muda dengan sedikit ombak yang tenang dan juga pasir putih yang terhampar luas.

• Batu Granit Sebesar Rumah

Sesampainya di area Pantai Tanjung Tinggi anda langsung dapat menyaksikan kokohnya batu granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Tidak heran banyak wisatawan yang berfoto di daerah pantai ini.

Sedangkan berdasarkan sejarahnya, batuan granit di Pantai Tanjung Tinggi ini mengalami proses tektonik yakni berupa pengangkatan. Nah, selama proses pengangkatan batu granit dari bawah bumi, tubuh batu granit ini mengalami retak-retak atau deformasi. Sehingga batu granit yang muncul di permukaan ini lah terlihat jelas sangat indah dipandang mata. Diperkirakan, usia dari formasi alam indah yang menghiasi Pantai Tanjung Tinggi ini mencapai sekitar 200-300 juta tahun.

• Tidak Perlu Takut Dengan Serangan Ikan Hiu

Pantai ini berbentuk busur derajat dengan diameter sekitar 100 meter. Dimana di sepanjang pantai, anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah hamparan air laut dan pantai. Nah, dikarenakan pantai ini berbentuk teluk, maka ombak disini relatif tenang. Sangat cocok untuk menikmati sunset dan berenang bukan ?

Berburu sunset menjadi aktivitas paling dinanti oleh wisatawan baik lokal maupun domestik. Pantai yang terletak di utara Pulau Belitung ini merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunset.

Selain itu, aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini lainnya adalah menjelajahi pantai dengan kano atau perahu karet. Dan di pantai ini anda tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah sama sekali hal itu terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar. Namun itu hanya terjadi saat musimnya saja.

• Fasilitas Yang Lumayan Memadai

Tidak jauh dari pemukiman warga setempat dan terdapat beberapa hotel atau penginapan, membuat pantai ini memiliki fasilitas yang lumayan memadai. Di pantai ini terdapat warung-warung oleh pedagang sekitar yang menjual berbagai macam makanan seafood khususnya makanan khas Belitung yakni Gangan. Terdapat pula berbagai jenis minuman untuk melepaskan dahaga anda.

Bagaimana cocok dengan imajinasi liburan anda bukan ? Jika berminat liburan ke Belitung anda bisa mengakses di website www.belitungcitytour.com . Di sana terdapat paket-paket tour yang tentunya sesuai dengan kantong anda.

, , , , , , ,