Selain disuguhkan dengan berbagai formasi geologi yang unik di pesisir pantai, anda berkunjung ke Pulau Belitung yang ingin merasakan tantangan sembari menikmati panorama hamparan bebatuan yang luas patut datang ke Dusun Bebute, Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kebupaten Belitung.

Ya, hamparan bebatuan seluas lapangan bola tersebut diberi nama Bukit Tebalu Simpor Laki (BTSL), dimana para pengunjung akan ditantang untuk mendaki lereng dengan kemiringan berkisar antara 50-80 derajat.

Untuk lokasi dari pusat kota Tanjungpandan, anda cukup memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke kaki Bukit Tebalu ini, kemudian dari kaki bukit anda akan mulai berjalan kaki sekitar 15-20 menit untuk sampai di atas bukit.

Sepanjang perjalanan dari mulai kaki bukit, anda akan terus berpijak pada bebatuan granit hingga bagian puncak bukit ini. Sebab, bukit ini terdiri lebih dari 50% bebatuan granit yang berbentuk solid yang belum terpecah. Dahulu bebatuan granit ini terpendam di dalam tanah yang kemudian terangkat akibat pergeseran lempeng bumi.

Memang, Bukit Tebalu Simpor Laki ini tidak terlalu tinggi ketimbang bukit-bukit yang ada di Pulau Jawa. Namun, jika sudah sampai di puncak bukit, pemandangan indah dari atas hamparan batu granit akan memanjakan mata anda. Selain hamparan batu granit yang begitu luas, dari puncak bukit anda bahkan bisa melihat indahnya Pulau Lengkuas.

Selain itu pula, kawasan yang termasuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP) seluas 62.5 ha yang kemudian dikonversi menjadi Hutan Kemasyarakatan (HKm) melalui perijinan yang dikeluarkan oleh Kemenhut RI nomor : SK.3319/Menlhk-PSKL/PSL.0/5/2017 ini dikelola oleh masyarakat sekitar.

Dalam pengembangannya, masyarakatnya sangat focus untuk pengembangan wisata ini tentunya tanpa merubah kondisi alam aslinya. Disepanjang perjalanan menuju puncak bukit pengelola membuat semacam gazebo atau saung untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak, dan juga fasilitas lain seperti toilet dan pemandian alam juga sudah disediakan.

Yang lebih menarik lagi bagi anda yang ingin berkemah dikawasan ini, untuk menikmati sunset atau sunrise dari atas bukit juga bisa. Terbukti pula Bukit Tebalu ini jufa pernah menjadi salah satu titik pantau Gerhana Matahari Total (GMT) pada Maret 2016.

Bagaimana cukup menarik untuk dikunjungi bukan ! Jika berminat liburan ke Belitung anda bisa mengakses di website www.belitungcitytour.com . Di sana terdapat paket-paket tour yang tentunya sesuai dengan kantong anda.

, , , , , , , ,